Monday, May 2, 2016

Wisata Ziarah Pamijahan | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Pamijahan di kabupaten Tasikmalaya dikenal sebagai salah satu pusat kegiatan ziarah terbesar di Jawa Barat setelah Cirebon dan Banten. Daya tarik utamanya selain terdapat makam Syekh Abdul Muhyi, juga adanya Gua Saparwadi yang merupakan tempat peziarah melakukan perjalanan spiritual dan mengambil air suci. Ritual keagamaan yang melibatkan puluhan ribu orang pada setiap hari raya Islam itu telah menjadikan Pamijahan sebagai obyek wisata potensial yang memberi kontribusi besar bagi peningkatan pendapatan masyarakat.

Menurut Usman, penjaga makam Syekh Abdul Muhyi, pada hari besar Islam seperti bulan Rabbi’ul Awwal (kelahiran Nabi), bulan Sya’ban (menjelang ibadah ramadhan) dan bulan Muharram (tahun baru Hijriyah), peziarah bisa mencapai 10.000 orang per hari. “Kendaraan yang parkir khusunya bus, bisa sampai parkir keluar terminal yang jaraknya mencapai 1 km,” ujarnya ketika membersihkan halaman sekitar.

Besarnya jumlah pengunjung sudah tentu membawa dampak luas bagi kehidupan ekonomi warga setempat. Tetapi bisa juga memberi dampak negatif seperti menurunnya daya dukung alam dan berkurangnya ketersediaan air.
Warga setempat memanfaatkan kedatangan orang untuk berziarah dengan menjual berbagai barang dan makanan.

Mulai dari suvenir gantungan kunci, pakaian, hingga aksesori rumah tangga, banyak dijual di gang-gang kecil menuju makam.

Makanan pun banyak dihidangkan mulai dari buah-buahan segar sampai menu makan parasmanan layaknya warung nasi di wilayah dataran tinggi Punclut Kabupaten Bandung. Selain dampak positif berupa peningkatan ekonomi tersebut, banyaknya pengunjung yang datang juga mengakibatkan dampak negatif, yaitu menurunnya daya dukung alam. Sumber air yang ada banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan peziarah. Sedangkan kebutuhan untuk sektor pertanian menjadi terbengkalai. Apalagi di musim kemarau, air dimanfaatkan benar-benar untuk kebutuhan wisata ziarah. Pengelolaan air di tempat ini tidak tampak dikelola dengan baik. Ini terbukti kurangnya ketersediaan air di sejumlah tempat strategis seperti di sekitar terminal dan sejumlah masjid.

No comments:

Post a Comment