Monday, July 20, 2015

Tasikmalaya Punya Cerita | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM

Kenanglah sampai nanti

Jangan lupa tuk kembali

Dari sini awal langkah kita
Menitih cinta sempai beranjak tua
Senandung ini untuk semua
Berupa kenangan yang ada
Kenangan tentang kota kita
Indah cerita di Tasikmalaya....

Cinta terlahir di kota ini
Rindu pun hadir mengusik sepi
Indah masa saat bersama di kota ini...

Ada cerita di Tasikmalaya...
Suka dan duka di Tasikmalaya...
Memori indah, indah cerita di kota kita...(Band Coke Pit)

Ya itulah sepenggal lirik lagu sebuah group band asal Tasikmalaya yaitu Coke Pit yang berjudul "Tasikmalaya Punya Cerita"
Lagu ini dipersembahkan untuk yang merasa Urang Tasik, pernah tinggal di Tasik, yang punya kesan tentang Tasik, juga yang merindukan Tasik...

Coke Pit benar-benar membawa semangat baru bagi Abe dan kawan-kawan. Di awal tahun 2000 itu, mereka langsung ngebut menciptakan lagu, sebagaimana yang menjadi niat keberangkatan mereka menapaki karir di bidang musik dengan bendera baru itu.

Nama COKE-PIT terinspirasi dari botol sebuah merk minuman ternama yang memiliki filosofi: "Dengan melihat bentuk botol yang pada ujungnya memiliki rongga yang kecil kemudian makin membesar namun memiliki batas kaca sebagai penampungnya, COKE PIT berharap dari hanya sekedar band yang tidak memiliki pengalaman akan menjadi besar,namun tetap memiliki batasan,yaitu norma dan etika".

Coke Pit sempat beredar jauh hingga ke pulau Lombok berkat acara STIFEST 2002 yang mendaulat mereka sebagai bintang tamu utama di festival musik anak sekolah terbesar di Nusa Tenggara Barat. Acara tersebut berlangsung sukses dengan disesakinya gedung Taman Budaya hingga lebih dari 2000 penonton pada saat final berlangsung.

Sepak Terjang Coke Pit:

Berawal dari sebuah komunitas Underground di sebuah kota kecil bernama Tasikmalaya yang punya nama CALADI GROUNDERS, yang disana berkumpul band-band dari berbagai aliran. Saat itu Abe (vocal/gitar akustik),masih menjadi gitaris & vokalis dari DEMANG, sebuah band beraliran punk rock yang lumayan punya nama di kota itu merasa jenuh dengan konsep yang dimainkan band nya. Kemudian dengan bekal beberapa lagu ciptaannya, dia mengajak Senx-Senx - drum (ABAL ABAL/grunge), Be’onk - gitar (MORTUARY/black metal), dan Ayanx - bass (EMBARGO/hardcore), yang kebetulan masih satu komunitas dengannya untuk ber-jam session di studio. Mungkin dari diri mereka masing-masing merasakan hal yang sama pada band nya, dan chemestry yang kuat diantara mereka bahwa mereka sama2 memiliki visi yang sama untuk terus bisa survive sebagai seorang musisi, maka terbentuklah COKE PIT pada 12 februari 2000 yang beraliran Pop Rock. Merasa ada sedikit kekurangan untuk sesi lead gitar pada COKE PIT, maka Abe mencoba mengajak Aang yang juga kakaknya, yang pada saat itu masih menjadi bassist di GASOLINE (raprock) untuk mengisi posisi tersebut. Setelah mencoba untuk jam session, maka Aang pun tertarik untuk menjadi additional player di COKE PIT, dan mereka kemudian mencoba membuat beberapa demo track lagu mereka dengan dibantu oleh Ryan (manager) untuk mendanai rekaman tersebut.

Dengan berbekal demo tape empat lagu, mereka kemudian sepakat untuk hijrah ke Bandung, dengan alasan bahwa Bandung merupakan kota paling kompetitif untuk musik,dan itu merupakan tantangan untuk mereka.Disana mereka mulai merambah event2 kampus, menawarkan demotape mereka ke radio2 & label rekaman,sampai mencoba untuk mentas di cafe-cafe, yang sempat pula mendapat tawaran dari luar kota.

Selama di Bandung, mereka pun sempat mengikuti seleksi yang diselenggarakan sebuah stasiun TV yang menampilkan demotape band-band dari berbagai daerah, yang Alhamdulillah COKE PIT sendiri sempat menjadi band terfavorit pada program tersebut hingga mendapat tawaran untuk membuat sebuah klip sederhana yang ditayangkan stasiun TV tersebut, hingga beberapa waktu kemudian COKE PIT mendapat tawaran untuk mengisi acara STIFEST 2002 yang diadakan oleh SMA Negeri 1 di Mataram - Lombok.

Hingga beberapa tahun kemudian seluruh personil COKE PIT memiliki bekal yang cukup untuk kembali eksis di kota asal mereka, Tasikmalaya. Di kota tesebut mereka kembali merambah event-event lepas, sampai pada saat mereka mengikuti audisi untuk membuat sebuah album kompilasi yang diseleksi dari band-band yang ada di seluruh Jawa Barat yangberjudul A MILD DEBUT, dimana salah satu lagu mereka yang berjudul GRADASI HATI berhasil masuk dalam kompilasi tersebut hingga pada akhir 2004 COKE PIT menjadi salah satu pengisi acara pada A MILD LIVE SOUNDRENALINE di Jakarta.

No comments:

Post a Comment