Friday, May 27, 2016

Situ Sanghyang, Wisata Favorit di Tasikmalaya | My Ano

Oleh My Ano

TASIKEKSIS.BLOGSPOT.COM
Terkenal sebagai kota santri, Tasikmalaya memiliki beberapa potensi wisata yang cukup mengagumkan. Salah satunya Situ Sanghyang. Kawasan ini memiliki luas lebih kurang 47 hektare dengan kedalaman air antara 1,5 meter sampai dengan 6 meter. Situ Sanghyang menjadi tempat tujuan wisata favorit karena danau ini merupakan obyek wisata alam satu-satunya yang ada di wilayah pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya.

Danau ini juga merupakan salah satu obyek wisata air yang paling potensial di wilayah Priangan Timur dan dikunjungi oleh banyak pelancong dari dalam maupun luar kota, bahkan dari luar daerah.
Ciri khas yang menjadi daya tarik  Maka dari itu, selain sebagai obyek wisata alam juga sebagai wisata Budayanya karena pada jaman dahulu di Situ ini ada bekas kerajaannya.

Untuk menikmati keindahan Situ Sanghyang dengan lebih leluasa, Anda bisa menyewa sebuah rakit dengan harga yang relatif murah. Harga sewa rakit untuk mengarungi danau hanya Rp10 ribu. Sambil menyusuri danau, Anda dapat memancing di tengah danau.
Para pengunjung juga dipersilahkan menikmati teduhnya hutan dengan berbagai flora dan fauna yang ada di sekitaran danau, namun siapapun tidak diperbolehkan melakukan aktivitas perburuan. Tidak hanya itu, Anda juga akan disuguhi pesona wisata ekologi berupa tumbuh-tumbuhan alami yang banyak terdapat di sekeliling danau sehingga menambah asri pemandangan, ditambah dengan nuansa pedesaan yang sejuk dan segar.

Kegiatan lain yang tidak kalah asyiknya, Anda bisa menyantap berbagai menu ikan di kios-kios yang banyak terdapat di sekitar danau. Setelah perut kenyang dengan sajian wisata kuliner khas Situ Sanghyang. Anda tinggal menunggu senja turun untuk melihat pemandangan yang indah.
Kawasan wisata Danau Situ Sanghyang relatif dekat dengan Kota Tasikmalaya. Akses transportasi untuk mencapai obyek wisata alam ini, selain menggunakan kendaraan pribadi, juga bisa memanfaatkan fasilitas angkutan bus kota jalur Cibalanarik (Bis Fajar) yang berangkat dari Terminal Indihiyang. Setelah turun dari bus. Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer. Sesampainya di lokasi, Anda cukup merogoh kocek Rp6.000, sementara untuk anak-anak dikenakan biaya Rp3.000.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi dikenakan tambahan tarif, untuk sepeda motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000  By My Ano

No comments:

Post a Comment