Wednesday, November 26, 2014

Alun-Alun Kota Tasikmalaya, Tempat Terindah Sejagad Raya



Oleh Admin My Ano

My Tasik Eksis.Com

Hello good people! Pada kesempatan kali ini gue akan mengulas sedikit tentang salah satu landmark yang ada di kota Tasikmalaya yaitu Alun-alun Kota Tasikmalaya, mungkin buat orang yang tinggal di seputaran Tasikmalaya, tempat ini sudah gak aneh, gak asing dan gak penting lagi buat di bahas bener gak? kalau enggak ya sukur deh he he he. Gue sih cuman sekedar ngasih informasi atau lebih kerennya mempromosikan biar Tasik Eksis di dunia blogger getoh! kali aja ada yang liat-liat dan mampir ke blog gue yang gak penting ini, tapi alhamdulilah tiap hari banyak yang mengunjungi. Dilihat dari judulnya aja kata-katanya udah berat ''Alun-alun terindah sejagad raya'' yaeelah apa bener tuh? yuk kita buktikan sendiri.

Taman alun-alun Tasikmalaya merupakan salah satu ''Open Public Space'' yang cukup populer di Kota Tasikmalaya. Alun-alun ini berada di tengah kota di jalan Otto Iskandardinata, atau buat Anda yang ngambil arah ke jalan H.Z sekitar 2km dari stopan  per4tan Mesjid Agung Tasikmalaya. Selain bisa beristirahat, makan-makan, nongkrong, joging, berfoto-foto, tiduran, pacaran, mojok, kumpulan geng motor atau sekedar pengen tau.

Luas Taman alun-alun Tasikmalaya saat ini sekitar satu hektare. Dibangun sudah sejak zaman dulu, namun di renovasi dilakukan pada tahun 2014. Saat ini pemerintah kota Tasikmalaya terus melakukan pembenahan agar taman alun-alun Tasikmalaya dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Satu diantaranya penyediaan tempat sampah, pos pengamanan dan pemasangan CCTV. Selain itu para pedagang yang bukan pedagang kuliner tidak diperbolehkan berjualan. Tujuan dari pelarangan tersebut agar taman dapat tertata dengan rapi dan dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung, karena taman ini merupakan tempat wisata keluarga masa kini dan pedagan yang berjualan khusus pedagang kuliner saja. Apabila mengunjungi taman alun-alun Tasikmalaya pada sore hari, maka pengunjung dapat melihat pelaksanaan berbagai event seperti komunitas-komunitas hobi seperti Anime kartun, reptil, rc car, taekwondo dan lain-lain.

Alun-alun Tasikmalaya sebenarnya memiliki nilai historis yang tinggi dan menjadi salah satu saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia khususnya masyarakat Tasikmalaya dan patut di jaga keberadaan dan kelestariannya. Ditengah alun-alun terdapat monumen yang tergambar 2 patung manusia sedang memegang bendera tanda perjuangan mempertahankan Indonesia. Harapan gue di alun-alun ini dipajang info tentang sejarah berdirinya, foto-foto alun-alun Tasikmalaya jaman dahulu, dan sejarah lainnya agar masyarakat sadar dan memahami akan perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Dengan begitu di harapkan masyarakat akan tergugah dan berusaha merawat dan melestarikan Tasikmalaya ini.

Di bulan Ramadhan, alun-alun Tasikmalaya banyak di gunakan masyarakat untuk area ngabuburit. Masyarakat yang mengunjungi alun-alun kota Tasikmalaya harus berpartisipasi manjaga kebersihan area alun-alun supaya tempat bersejarah ini tetap terlihat bersih. Semoga kita selaku masyarakat tidak lupa akan sejarah bangsa dan menghargai sejarah tersebut dengan menjaga dan merawat bangunan-bangunan bersejarah tersebut.

Gimana good people dah tau alun-alun kota Tasikmalaya. Indah sejagat raya bukan? tempat bersejarah bukan? Jadi buat Anda yang mau ke Mesjid Agung Tasikmalaya atau sekedar belanja di mall Tasik jangan lupa mampir mengunjungi alun-alun kota Tasikmalaya. Tonghilap

Ok cukup sekian dulu gue My Ano pamit undur diri di hadapan Anda semua. Jangan lupa nantikan blog artikel episode selanjutnya hanya di acara Tasik Eksis. Tidak lupa biar ga panik, stres, galau dan ga lapar tolong follow twitter gue @MyAnoDotCom Dan Add Facebook gue MyAno West Java.


No comments:

Post a Comment